Selasa, 11 November 2008

Obama, histeria yang berlebihan?

Saya seorang pendukung Barack Hussein Obama. Dia hebat. Dia pintar dan beribu kelebihan lainnya. Saya, dan saya yakin, banyak orang Indonesia lain yang senang atas terpilihnya beliau sebagai Presiden Amerika

Bedanya, saya gak pernah bangga karena seorang Presiden Amerika pernah sekolah dan tinggal di Menteng Dalam. Apa yang bisa dibanggakan sih? Obama bersekolah disana, kerena memang dia ikut dengan ayah tirinya -saya yakin anda tahu kalau ayah tirinya memang berkewarga-negaraan Indonesia -untuk tinggal di Indonesia, bukan karena Indonesia memang bagus untuk ditinggali atau sekolahnya yang bermutu.

Mungkin, kedengaran terlalu kasar, tapi sudah waktunya kita belajar untuk tidak memiliki kebanggaan semu atas apa yang sebenarnya hanya sebuah kebetulan. Kita selayaknya bangga karena kemenangan Obama, merupakan suatu momentum atas persamaan ras, bukan karena seorang Presiden Amerika pernah bersekolah di Menteng.

Mungkin, suatu ketika apabila Malia Ann atau Natasha Obama bersekolah di Menteng dalam, baru Indonesia bisa merasa bangga...

Tidak ada komentar: